NPM : 30414543
Kelas : 3ID06
Jurnal : Classic grounded theory to analyze secondary data
Review Jurnal
Latar Belakang
Makalah
ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis tentang penggunaan data untuk
menyelesaikan suatu masalah dengan metode tertentu. Penulis ingin membandingkan
jenis data primer yaitu data yang diambil secara langsung dan data sekunder
yaitu data yang diperoleh dari pihak kedua, apakah memiliki perbedaan hasil
yang signifikan jika menggunakan data primer ataupun sekunder. Alasan paling umum mengapa para peneliti melakukan
analisis data sekunder adalah untuk kembali menganalisis data dari perspektif
baru dengan tujuan untuk mendapatkan wawasan baru.
Penggunaan data sekunder dilakukan ketika pengambilan sampel
langsung atau data primer sangat sulit dilakukan dikarenakan mengenai sesuatu
yang sensitif, bisa juga karena biaya yang terlalu mahal untuk melakukan
pengamatan langsung, faktor lain yang menyebabkan peneliti menggunakan data
sekunder adalah penelitian yang dilakukan membutuhkan data rujukan dari masa
lalu sehingga peneliti tersebut menggunakan data sekunder.
Penelitian yang dilakukan pada makalah ini adalah tentang
bagaimana sikap atau hal apa yang harus dilakukan oleh
orang tua ketika mereka mendapatkan anak atau setelah melahirkan anak
pertamanya.
Tujuan utamanya adalah untuk mengeksplorasi kebutuhan pendidikan
orangtua pertama kali setelah melahirkan. Sebuah subset dari data dari studi
utama (delapan transkrip dari wawancara dengan ayah) digunakan untuk analisis
data sekunder. Tujuan dari analisis data sekunder adalah untuk mengidentifikasi
menggunakan metoda teori beralas klasik dengan data sekunder dan menyelidiki
Apakah re-analisis data primer menggunakan metodologi yang berbeda akan menghasilkan
hasil yang berbeda.
Tujuan
Tujuan dari analisis data sekunder dalam studi ini ada tiga
tujuan. Pertama, untuk mengidentifikasi tantangan menggunakan klasik beralasan
teori dengan data sekunder, karena tidak semua data primer mungkinkan untuk menganalisis
data sekunder. Kedua, untuk mengeksplorasi potensi analisis data sekunder
sebagai bahan mengajar dan belajar prinsip-prinsip dan prosedur klasik yang didasarkan pada teori dan ketiga untuk mengeksplorasi
apakah re-analisis data primer menggunakan metodologi yang berbeda akan
menghasilkan hasil yang berbeda.
Metodologi
Metode yang digunakan dalam studi kasus ini adalah metode beralas
klasik atau classic grounded theory. Teknik
ini digunakan untuk memandu proses analisis terhadap pengembangan dan perbaikan
data.
Pembahasan
Meskipun menjadi seorang ayah adalah suatu perubahan yang besar,
namun pendidikan ini lebih tepat diberikan kepada seorang ibu atau yang
melahirkan si anak walaupun disisi lain sang ayah turut andil dalam lahirnya
anak tersebut, oleh sebab itu kelas lebih didominasi oleh kaum ibu.
Selama setelah melahirkan anak dirumah sakit, bidan tidak
memberikan pandangan terhadap ibu dan ayah si anak, mereka
berpandangan bahwa bidan tidak melibatkan mereka dalam berbagi pengetahuan dan
keterampilan dalam persiapan untuk hidup dengan bayi baru. Sehingga mereka
menganggap bahwa sistem yang ada disana hanya untuk saat berada di sana.
Meskipun itu bukan fokus selama pada waktu analisis data primer, ada konsep
yang muncul dari pengalaman laki- laki menjadi seorang ayah, Namun, karena
jadwal wawancara dan jangka kendala
waktu akademik, data tidak tercapai
dalam kategori ini dan menggunakan data sekunder sebagai bahan pengamatan.
Pendidikan
orang tua ini khususnya untuk sang ayah berguna agar sang ayah mampu menangani
atau menghadapi ketika bayinya sedang buang air, ingin makan, minum dan
lain-lain.
Perbandingan Hasil Analisis
Ketika temuan
analisis data primer dan sekunder dibandingkan, ada beberapa persamaan dan juga
beberapa perbedaan penting. Salah satu penjelasan untuk perbedaannya adalah dua
cara yang berbeda di mana data ini diperiksa. Dalam penelitian primer,
pertanyaan penelitian digunakan secara spesifik dan hasilnya merupakan jawaban
langsung dari narasumbernya sedangkan data sekunder lebih memungkinkan untuk
menggunakan data yang sudah ada.
Kesimpulan
Analisis
data sekunder adalah pendekatan penelitian yang digunakan untuk meneliti data
yang dikumpulkan sebelumnya. Selama analisis data sekunder hanya data ayah yang kembali dianalisis dari studi primer.
Salah satu prinsip teori grounded klasik adalah teori sampling untuk ide dan konsep, dan salah
satu kelemahan utama dari analisis data sekunder adalah salah satu yang tidak
bisa kembali ke peserta dan menyelidiki tanggapan lebih lanjut untuk membantu
mengisi kesenjangan dalam teori yang muncul. Namun, para peneliti dapat merekrut
peserta lebih sehingga kejanggalan teoritis bisa dicapai. Penelitian ini adalah untuk melihat apakah penerapan
yang berbeda dari metode akan menghasilkan hasil yang berbeda. Analisis data
sekunder tidak menghasilkan hasil yang berbeda. Dua alasan untuk hal ini adalah
pertama, bahwa klasik grounded theory memfasilitasi lebih luas, perspektif yang
lebih terbuka untuk diterapkan ke data ini dan ini difasilitasi Munculnya teori
tentatif. Kedua, ada penekanan lebih besar pada identifikasi perhatian utama
peserta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar